Pertanyaan J a w a b a n
Apa yang dimaksud dengan TEFL & TESOL ? TEFL adalah kependekan dari Teaching English as a Foreign Language. TESOL adalah kependekan dari Teaching English Speaking of Other Language. Artinya Pendidikan Mengajar Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing.TEFL dan TESOL adalah Pendidikan Mengajar Bahasa Inggris yang diselenggarakan di negara-negara lain di dunia. Tingkat Pendidikan TEFL / TESOL : Certificate, Diploma, Master Degree.

 

Apa sajakah yang dipelajari di Program TEFL Proffessional 1 tahun ? Selain anda belajar Bahasa Inggris ( What to teach ) dan cara mengajarkannya ( How to teach ) anda juga belajar komputer dan Internet ( termasuk dalam Program Pendidikan TEFL Professional ) guna pengembangan dan peningkatan  karir anda sebagai calon  Guru Bahasa  Inggris yang profesional dan bertaraf Internasional.

 

Bisakah saya mengikuti TEFL sementara saya tidak punya kemampuan Bahasa Inggris sama sekali ? Lebih baik kosong dari pada berisi tapi kena virus.Kosong itu bersih. Nol ( 0 ) terletak di zona aman  berada antara 1 (satu) dan 9 ( sembilan) kata pepatah mengaji mulai dari Alif, berhitung mulai dari satu .Bila anda mulai dari sembilan berarti mulai dari atas. Ketahuilah ! Satu-satunya pekerjaan yang dimulai dari atas adalah menggali lobang, akhirnya masuk lobang. Nothing is impossible. Rel kareta api saja diasah bisa tajam apalagi pisau. Dijamin bisa karena pembelajaran dilaksanakan dengan sajian materi terpilih, Methode, strategy,tekhnik, dan pendekatan pengajaran yang komunikatif, motivatif, terorganisasi secara sistematis dan sistemik sesuai dengan kharakteristik Bahasa Inggris yang sebenarnya sehingga mudah dimengerti dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Camkam ! Jangan anda bayangkan belajar Bahasa Inggris seperti biasa ! Tidak sama.

 

Apakah setelah tamat Pendidiikan TEFL saya lansung dapat bekerja / mengajar ? Dijamin. Anda langsung diangkat jadi guru / instruktur Master English School untuk Home Learning atau Private Class. Bagi yang ingin mengajar di tempat lain akan disalurkan ke Lembaga-lembaga Pendidikan Formal dan Informal. Barang siapa yang ingin buka usaha sendiri contohnya: Kursus Bahasa Inggris, Free-lance Tour Guide, Master akan memberi pembinaan sampai berhasil. Master akan memberi Referensi khusus untuk mencari kerja dibidang lain dan pengembangan karir anda. Ingat ! Bila anda bisa berbahasa Inggris dengan baik, banyak pekerjaan menanti anda.

 

Apakah  untuk jadi guru Bahasa Inggris saja Program TEFL ? Jelas saja tidak. Bila anda mamilih pekerjaan selain dari jadi guru, anda bisa memilih pekerjaan nantinya. Perusahaan – perusahaan membutuhkan orang yang terampil berbahasa Inggris apalagi anda seorang guru Bahasa Inggris tentu anda lebih diuatamakan.Kami akan memberi Surat Referensi dan menghubungi  perusahaan-perusahaan dimana anda melamar pekerjaan agar dapat  diterima.

 

Benarkah mengajar itu sulit ? Tertawa dan Makan enak lebih sulit dari pada  mengajar. Tertawa dapat menguras tenaga dan makan enak mengeluarkan keringati Ketahuilah oleh anda bahwa seringan-ringan pekerjaan dilakukan dengan caranya tersendiri, begitu juga mengajar. Mengajar secara profesional sangat menyenagkan. Program Mengajar sudah tersedia ( Syllabus, Materi & Recana Pelajaran sudah tersedia.  Doing is believing ( Dikerjakan dulu baru dapat dipercaya ).

 

Apakah Prog Pendidikan TEFL mampu membuat mahasiswanya percaya diri & punya mental berdiri di depan kelas ? Mengajar adalah seni penyampaian informasi / ilmu  yang bersifat edukatif. Sebelum anda berdiri di depan kelas, terlebih dahulu anda membuat Rencana Pelajaran.agar proses belajar – mengajar terorganisasi dengan baik. Ada beberapa item Rencana Pelajaran yaitu : 1.Pendahuluan ( waktu, judul pelajaran, tujuan ) 2.Materi : Apa yang akan anda ajarkan ( What to teach )  3. Kegiatan ( Methoda, teknik, pendekatan yang dilakukan. Tepatnya langkah-langkah kegiatan ( How to Teach ) 4.Latihan: sebagai evaluasi yang dapat mengukur  keberhasilan untuk memenuhi tuntutan tujuan pembelajaran sesuai dengan yang direncanakan. Sebagai guru Bahasa Inggris bahasa pengantar anda adalah Bahasa Inggris disebut Classroom language for teacher. Itu semua anda dapatkan di Program Pendidikan TEFLini. Jadi, hampir kami pastikan mampu, kecuali anda cacat mental, Maaf sekarang kami  belum menerima calon mahasiswa yang  demikian.

 

Apakah TEFL ada Praktek Lapangannya ? ADA. Praktek lapangan di Master English School Painan, Kambang dan Lembaga Kursus yang ditentukan atau yang diajukan peserta dan sekolah-sekolah formal. Lama praktek  selama ± 1 bulan.

 

Apakah Tamatan TEFL  bisa melanjutkan ke Perguruan Tinggi  / Universitas ? TENTU BISA. Universitas tertentu di negara kita akan mengurangi jumlah mata kuliah yang relevan. Begitu juga Universitas Luar negeri. Kami anjurkan melanjutkan ke Unversitas luar negeri Program Online atau Distance Learning ( jarak jauh ) Akreditasinya sama dengan perkuliahan tatap muka dan berakreditasi Internasional.Biayanya lebih murah dan tidak lama. Kita bisa belajar sambil bekerja, pelajaran mudah diserap karena berbekal TEFL dan dipandu oleh Dosen yang ramah dan sangat ahli / Profesional.Gelar untuk Diploma  adalah BA TEFL / TESOL  &  Master Degree / S2 ialah MTEFL, MATESOL, dll

 

Kapankah Master didirikan? Master English School didirikan di Bukittinggi, Oktober 1996 oleh Mr ASRAL, beralamat di Jl Trikora No. 30 Painan.Master TEFL Institute didirikan di Painan pada tahun 2006, juga oleh Mr ASRAL beralamat yang sama.

 

Siapakah Pemiliknya ? Baik Master TEFL Institute maupun Master English School adalah milik pribadi untuk masyarakat

 

Apa sajakah fasilitas belajar di Master ? Kampus milik sendri: bersih indah dan nyaman, Perpustakaan Bahasa Inggris, English games, English learning Journal, Master English Club, dan Internet Cafe.Tourist Information,  Informasi ketenagakerjaan dan penyalurannya, dll

 

Siapa sajakah tenaga pengajar  TEFL?

Sesepuh Master TEFL Institute & Master English School yang telah berpengalaman mengajar TEFL belasan tahun baik disekolah negeri maupun swasta dan berpengalaman kerja diberbagai perusahaan asing serta berpengalaman jadi Pramuwisata resmi Indonesia ( Senior Tour Guide ) dari tahun 1991. Tamatan Akademi Bahasa Asing dan Universitas jurusan Bahasa Inggris. InsyaAllah dibantu oleh ahli pendidikan Australia Edward Kiefer, M.Ed, PhD  dan DR Horowitz, Director Pengajaran Bahasa Inggris dari Unversitas Central Washington, Amerika. Kedua2nya telah banyak menyumbangkan pikiran dan materinya kepada Master. Serta dapat belajar dari ribuan pakar TEFL Internasional melalui jaringan Internet.

 

Apakah Master TEFL Institute menawarkan  beasiswa ? ADA. Kami memberi beasiswa kepada calon mahasiswa TEFL yang berekonomi lemah dengan mengurangi biaya Pendidiikan sebanyak 30 % dari biaya keseluruhan. Persyaratan: Surat keterangan Miskin dari Wali Nagari asal anda. Dan di ketahui oleh Camat yang bersangkutan. Anak pegawai negeri tidak tergolong miskin.

 

Apakah Reresmi ? YA. Master TEFL Institute adalah Lembaga Pendidikan Non Formal / Luar sekolah terdaftar di tingkat Pemerintahan Daerah maupun Pusat dan dalam proses keanggotaan International TEFL Association.

 

Bisakah melamar menjadi Guru Negeri ( PNS ) dengan mengantongi Ijazah TEFL 1 tahun ? MAAF TIDAK. Kecuali anda mengantongi ijazah TEFL / TESOL Diploma atau Master Degree dari Universitas luar negeri. Pendidikan TEFL Proffesional hanya bersifat sertifikasi yang menyatakan keahlian seseorang karena telah menempuh pendidikan dibidangnya. Bila dapat tawaran mengajar disekolah negeri seperti Guru

SLTP dan SLTA bukan untuk jadi Guru PNS karena Guru PNS telah diatur oleh pemerintah dengan Ijazah  Sarjana Pendidikan & Akta Mengajar. Akta mengajar untuk sarjana non pendidikan di tiadakan. Pendidikan TEFL solusinya.

 

Sudah adakah tamatan TEFL Institute ? Secara Privat sudah banyak.Sekarang telah bergabung di Master English School dan membuka Usaha sendiri: Kursus Bahasa Inggris yaitu CAMBRITISH ENGLISH SCHOOL Dharmasraya. Alhamdulillah berhasil.Secara Parti / Grup, Belum.  Ini  Periode Perdana

 

Apakah  Pendidikan

TEFL banyak ujian ?

HAMPIR TIDAK ADA UJIAN. Master tidak melaksanakan ujian blok, blek, try out, Harian, Mingguan, Bulanan, Pra & Pre semester, awal, mid, akhir semester, awal,akhir program dan lain lain yang membuat anda  stress. Ujian hanya buang2 waktu saja lebih baik belajar yang mengasikkan dan latihan yang menyenangkan. Ujian pada prinsipnya mengukur apa yang telah kita capai dalam belajar. Artinya menghitung-hitung hasil/perolehan. Bagi yang banyak dapat dengan nilai tinggi akan puas dan bangga.Tapi bagi yang dapat sedikit dengan nilai rendah akan merasa kecewa.Pendidikan yang baik tidak menanamkan nilai kepuasan dan kebanggaan dan juga tidak membuat anak didik kecewa.Perasaan puas dan bangga bisa mengarah kepada sikap abai terhadap pelajaran berikutnya. Kecewa bearti patah hati, patah hati mengarah stress, stress mengarah gila.Begitukah pendekatan pendidikan ? Ingat ! Pendekatan kejiwaan dalam pendidikan sangat menentukan. Sekolah favorit adalah sekolah tanpa ujian.Yang benar saja ? Tanya diri anda sendiri.

 

Apakah penghasilan  TEFL Teacher besar ? JELAS IA. Tergantung profesionalisme yang anda miliki dan kualitas serta tingkat TEFL yang anda berikan.Profesi Guru Bahasa Inggris bukan “Profesi murahan” Motto dulu “Jangan harap kaya jadi seorang guru” sekarang tak berlaku lagi. Mungkin saja Guru ( guru istilah agama ) di India.  Jadilah guru yang profesional. Ikuti panduan kami Master TEFL Institute dan Buktikan langsung.

 

Siapa sajakah yang bisa ikut  Program TEFL  ? Pria dan wanita Warga negara Indonesia dan asing yang berkemauan jadi guru Bahasa Inggris Era Global. Khusus untuk orang asing program TEFL tersendiri yaitu: TEFL Trainning & Indonesian TOUR bisa dilihat memlalui situs Internet.

 

Ijazah yg diperoleh setelah  Pendidikan TEFL? Banyak.Ijazah Bahasa Inggris Tingkat Mahir, Ijazah Persiapan TOEIC dan TOEFL, Skor slip TOEIC & TOEFL dari  INTERNATIONAL TOEFL INSTITUTE Padang, Ijazah Professional  TEFL  Trainning, Ijazah Komputer dan Surat Referensi serta pengangkatan jadi Guru Master Grup

 

Syarat-syarat Pendaftaran ? Mengisi Formulir Pendaftaran, Photo copy Ijazah terakhir 1 lembar, Past photo ukuran 3×4 sebanyak 8 lembar bagi yang sudah ada, Menyetor  uang pendidikan Cicilan pertama. Dan bagi yang yang mengajukan beasiswa langsung menyerahkan Surat Keterangan Miskin dari Wali Nagari asal anda.

 

 

 

PROGRAM PENDIDIKAN TEFL INSTITUTE

NO ITEM TEFL  JUNIOR TEFL SENIOR
1 MATERI

&

SILABUS

 

 

ENG Basic, Intermediate,  Adv, TOEIC & TOEFL,Common Error,English For Teaching Common Error,TOEIC & TOEFL,English ForTeaching, Sentence Diagramming,English language System,Parts of Speech Use etc
TEFL TEFL Classroom Management, TEFL Strategy, TEFL Method, TEFL Technique, TEFL Evaluation, Lesson Plan, Curriculum & Syllabus, TIPS, TEFL Aids, TEFL Teacher Notes, TEFL Student worksheet, TEFL teacher Development ( Pengembangan  Profesi ): Bergabung dengan Online International English Teacher Associations / Clubs Dan Sundays Master  English Teacher Club,  TEFL / The most Common Classroom   Expressions / Language For Teacher, Pedagogy, Psychology Of Education, Ethique Codes of Indonesian Teacher
2 TUJUAN & TARGET Setelah mengikuti pendidikan  peserta  insyaAllah mampu mengajar pada tingkat: English For Children, Basic,  Intermediate & Advance Level  Tergantung  Minat Setelah mengikuti pendidikan  peserta  insyaAllah mampu mengajar pada tingkat: English For Children, Basic,  Intermediate & Advance Level  Tergantung  Minat
3 SUMBER SISWA Tamatan SLTA sederajatUmur : Minimal 17 tahun Sehat jasmani dan Rohani Tamatan TOEIC / TOEFL, Sarjana / Sarmud Bahasa Inggris,Guru Bahasa Inggris
4 DURASI 1 Tahun, 2 semester, 210 jam = 120 Pertemuan, 1 x Pertemuan = 90 menit diambah Praktek Lap 1 bulan 4 bulan, 64 jam, 36 x Pertemuan, 1 x pert = 90 menit  diambah Praktek Lap 1 bulan
5 TOTAL BIAYA Rp …………………………………………………….. Rp……………………………………………………………………
6 JADWAL Setiap Hari kecuali Hari Minggu dan Hari Libur Nasional Pagi, Siang, Sore dan Malam
7 KETERANGAN Pelajaran Bahasa Inggris Mulai dari Tigkat Dasar  Bagi Peserta TEFL Beginner

Biaya Sudah termasuk,Uang Pendaftaran ,Ujian Ijazah,Ujian TOEIC & TOEFL Dgn International TOEFL Institute Padang, photo coppy / diktat, Bagi yang berkemampuan Bahasa Inggris yang baik dan Benar tapi belum punya ijazah ikut Program Honorable Graduate ( Tamatan Penghargaan )  Ujian Lisan Wawancara / SpeakingUjian Tertulis : Grammar, Writting, Reading & Listening di MASTER ENGLISH SCHOOL